Translate

Seni Bela Diri


Seni bela diri merupakan satu kesenian yang timbul sebagai satu cara seseorang itu mempertahankan diri. Seni bela diri telah lama ada dan pada mulanya ia berkembang di medan pertempuran sebelum secara perlahan-lahan apabila peperangan telah berkurang dan penggunaan senjata moden mulai digunakan secara berleluasa, seni bela diri mulai berkembang dikalangan mereka yang bukannya anggota tentara tetapi merupakan orang awam.
Boleh dikatakan seni bela diri terdapat di mana-mana di dunia ini dan hampir setiap negara mempunyai seni bela diri yang berkembang secara lokal atau diubah sesuai  seni bela diri luar yang meresap masuk. Sebagai contoh seni Silat adalah seni bela diri yang berkembang di negara ASEAN dan terdapat di Malaysia, Indonesia, Thailand, dan Brunei.
Bagaimanapun kemudahan perhubungan dan komunikasi yang ada pada masa kini memudahkan perkembangan ide ke arah yang lebih sempurna dan seni bela diri tidak lagi berada di tanah asalnya tetapi telah berkembang keseluruh dunia.

Jenis-jenis

Seni bela diri juga terbagi beberapa jenis seni tempur bersenjata tajam, senjata tidak tajam seperti kayu, dan seni tempur tangan kosong. Di antara jenis-jenis seni bela diri yang ada adalah seperti berikut:
  1. Aikido
  2. Capoeira
  3. Gulat
  4. Hapkido
  5. Jiu Jitsu
  6. Jogo do pau
  7. Judo
  8. Kalaripayat
  9. Karate
  10. Kempo
  11. Kendo
  12. Kung fu
  13. Muay Thai
  14. NEST[rujukan?]
  15. Silambam
  16. Silat
  17. Taekwondo
  18. Taido
  19. Tinju
  20. Tomoi
  21. Tongkat Master Mix Martial Arts (Beladiri Campuran)
  22. Wing Tsun
  23. Wun-hup-kuen-do
  24. Wushu
  25. Thifan
  26. Tarung Derajat AA-BOXER
  27. Ninjutsu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Penulis : pak canszz ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Seni Bela Diri ini dipublish oleh pak canszz pada hari Minggu, 13 Mei 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Seni Bela Diri